2.9.08

RAn.........


Ku Panggil Namamu “Ran

Ran..nama gadis itu, tak ada yang istimewa, sungguh hal yang tak wajar kalau gadis ini sempat membuat ku tergelitik bahkan tuk senyum pun harus nya aku males..Huhh gimana ga..dah jauh dari modis, sok belagu lagee…boro-boro mau ngobrol, kalo di tegur Cuma menarik bibir setengah senti kanan-kiri..Nyengir… Uhhh mang senyummu manis apa?/gerutuku dalam hati. padahal banyak gadis yang ngincer aku Upsst Du gitu loh..Ehm

Ran..dia teman kuliah ku baru bergabung beberapa semester yg lalu karena dia mahasiswi alih program, dari awal aku dah ngerasa aneh ama anak ini, gimana ga coba? Hari gini kuliah masih pake jilbab gedhe gitu, dah gitu ga mau yang namanya pake celana panjang atau baju2 modis, tiap hari aku liat dia dengan gaya yang sama, dengan rok usang itu ..walau mang dia selau serasi tapi tetep aja ga gaul banget..padahal anak-anak sekelas ku tuh modis abizz..ada si Elfin yg seksi itu yang gayanya mirip agnes monica, ada si Merisca yang tinggi dan langsing, yg mirip Draw Barymore waktu masih muda, belum si Ane, Ilen de-el-el. Semuanya Modis, ada seh beberapa yg pakai jilbab tapi masih tetep seksi and modis..tapi Ran..Duhh..kesel rasanya mata ini menatapnya…

Tapi sungguh aneh…Ran..akhir-akhir ini nama itu seperti bergaung merdu di relung hati ini, ntah siapa yng membisiki hati ku yg bodoh ini..Ran sama sekali tak berhak ada di secuil bagianpun dari hatiku..Ran yg sering aku anggap Kuper, walau aku harus akui otak nya seh lumayan encer.. apalagi klo presentasi Upstt..bikin teman-temen pada kesel sama argument nya …Hmm Ran..

***

Hari ini adalah hari terakhir UAS semester akhir, dan setelah ini smua akan sibuk dengan skripsi masing-masing dan artinya akan sangat sedikit waktu untuk berkumpul lagi dengan teman-teman…dan Ran ntah setan apa yang membuatku…ingin sekali.

kulihat gadis berbaju pink, kerudung pink dan rok hitam, berjalan di koridor kelas..matanya yang ga pernah tengok kanan- kiri saat berjalan sempet kaget waktu aku memanggilnya…”Ran”..serak suaraku hampir terhenti, ntah langkah bodoh apa yg aku lakukan..tapi aku ingin sekali menyapanya hari ini, sebelum berpisah mungkin beberapa bulan kedepan aku ga akan melihatnya..

mata bening itu menatapku dengan sedikit kaget, seperti biasa dia hanya tersenyum tipis dan segera mempercepat langkahnya..”Ran..tunggu “, boleh mengganggu sebentar?” tanyaku, baru kali ini aku bersikap begitu sopan padanya..dahi nya mengernyit, dan sesaat kulihat rona merah di pipi itu..”ada yang bisa di Bantu?” tanyanya, tanpa sambil mengalihkan tatapannya,..Hm..ya..ya..aku mau ngomong sebentar” jawabku gugup. Silahkan, Duhh..mahal banget kata-katanya, Boleh tau No.Hp nya?, lagi-lagi kuliat ekspresi yg tidak suka dari wajah itu, “untuk apa?”

“yeee..koq untuk apa seh kita kan temen, dan sebentar lagi kan kita skripsi jadi jarang ketemu..Nah Ran kan pinter neh..kali aja bisa Bantu aku..hehe”, jawabku sambil menggaruk kepalaku yang ga gatel..Duhh..ngapain ya aku butuh no. hp anak ini..tapi sisi hatiku yang lain merajuk tuk bisa mendapatkan no, itu..

“maaf aku ga punya, lagian kan ada Dosen pembimbing kenapa harus nanya aku, aku biasa aja koq, kalau kamu ga bisa ya..apalagi aku..” jawabnya merendah..

“bukan begitu Ran..kan kita bisa sharing, kan malu klo sering-sering nanya ama Dosen..ntar aku di bilang lemot lagi..masa’ Ran rela seh..”(hihiii..kataku sambil cengar-cengir tak menentu..

“Eh..emang nya kamu ga punya temen cowok apa..maaf yah..mikirin skripsiku aja aku pusing..dah deh ga usah banyak alasan…maaf aku ga punya banyak waktu..”

Degg..Duh..baru kali ini aku lihat si mungil ini jadi galak gini..Huhh..Dasar..ga tau di untung..masih mending ada yg naksir..Ganteng lagi..awas ya..klo ga bisa naklukin lo jangan panggil namaku Du Uhh..gerutuku kesal..tapi Fla tlah jauh berlalu, ketika aku masih termangu.. .…

Setelah kejadian itu rasanya kesel banget sama yg namanya Ran ..tapi anehnya hatiku tambah kagum sama dia, aku semakin penasaran..sampai di mana seh kegarangan nya..akhirnya mati-matian aku coba cari alamat email nya..klo hp emang susah karena Cuma temen2 deketnya aja yg tau..Hmm yg dah pasti ga bakal membocorkannya padaku..

Lewat email aku curahkan semua perasaan ku, dan semua cerita bagaimana aku bisa tertarik padanya..dan jawabannya NIHIL..ga satupun emailku di jawab. Huhh kesel ga seh??..padahal aku dah melamar dia tuk jadi pacarku di email itu juga..eh ga di gubris sama sekali..dasar neh anak..!!

***

Tak terasa enam bulan sejak kejadian itu aku sama sekali ga bisa menghubungi Ran, tapi yang unik bahkan aku ga bisa nglupain yg namanya Ran Yume Khaila, yang akrab di panggil Ran itu..dia tlah menjelma menjadi sosok yang menarik bagiku..dan dari kejadian itu aku mencoba mencari2 tau kenapa Ran begitu menjaga jarak dengan cowok-cowok di kampus ini, dan aku denger mang dia ga pernah pacaran,..Hmmm ini hal yang sangat langka bagiku..hari gene?? Mang keturunan siti nurbaya kale..hehe,dari temen-teman ku juga aku baru tau klo Ran tuh anaknya aktif banget, dia aktif di kegiatan-kegiatan rohis, juga organisasi mahasiswa muslim di kampus ku ini..Hmm Akivis getu??? Dan Ran juga gadis yang baik, dia sangat dekat dengan teman-temannya, dia seorang guru honorer untuk anak-anak jalanan..sungguh prestasi yang mengagumkan.

Dan hari ini adalah hari wisuda kami…rasa senang karena tlah berhasil melewati tahap akhir kuliahku ga ada apa-apa nya di banding rasa senang ku tuk bisa melihat Ran..aku ga peduli aku harus menemuinya..begitu bisik kuat di hatiku…aku harus katakan pada Ran..kalau aku menyukainya ga peduli apapun jawabannya.

Kulihat wajahnya begitu ceria dengan balutan kebaya dan toga di kepalanya, Hmm manis juga neh anak, walau masih tetep setia sama kerudung itu..Cuma hari ini agak lain..

“Ran…aku bisa bicara sebentar” tanyaku mendekati dia yang sedang asyik berfoto ria dengan temen-temen ceweknya..” ada apa Du?” tanyanya ramah, seperti tak pernah ada apa-apa sebelumnya.. tapi aku ingin bicara berdua saja, “ ada apa seh..sekarang aja ga papa koq. “iya tapi,,?? Hm..tiba-tiba temen-temen nya meninggalkan kami, walau masih di tempat yg ramai tapi paling tidak ga akan ada yg menertawakan aku dengan kata-kataku nanti..

“Ran aku dah kirim email berkali-kali sama kamu, koq ga di bales seh? Aku ga tau apa kamu membaca atau tidak, tapi setidaknya pasti kamu tau maksudku..kan..?

“ ya ..aku membacanya”, trus kenapa ga di bales??

Tiba-tiba tangan nya mengayun kedepan menyodorkan sesuatu padaku memberikan sebuah bingkisan “ini jawabannya” katanya singkat.. maksudnya?? Aku masih terbengong menerima sebuah bingkisan yang di bungkus rapat itu..”Du aku minta maaf kalau aku kasar sama Du bukan bermaksud menyakiti..Du akan mengerti setelah membaca buku ini..”jawabnya pelan sebelum akhirnya meninggalkan aku yang masih berdiri mematung dalam keherananku..Duh..apa lagi neh..ada-ada aja seh neh anak..di Tanya jawaban koq malah di kasih buku..jawabannya di bukukan gitu???

***

aku sudah bisa menangkap pesan yang di berikan Ran padaku walau aku belum selesai membaca buku yang dia berikan padaku. Aku merasa aneh dan asing dengan buku2 itu..tapi aku jadi ingin tau apa seh maksud si manis itu..heheheh..

dua buku itu berjudul “Indahnya Mencintai Allah” dan “ Meredam gejolak rindu dalam naungan ridho-Nya” . sebelum membaca aku lihat indeks nya yang ku rasa menarik bagiku..dan di salah satu bab buku yang berjudul “Meredam Gejolak Rindu dalam Naungan Ridho-Nya” itu aku menemukan adab-adab pergaulan dalam islam juga penjelasan bahwa dalam Islam, ga ada istilah dating..semua di jelaskan pacaran tuh bla..bla…bla..lengkap dengan ayat-ayat Al-qurannya..Degg..aku baru sadar aku kan muslim tapi aku seperti baru saat ini sadar, kalau aku seorang muslim yang harus taat pada aturan-aturan sebagai seorang muslim..jadi Ran???. Ntah berapa gadis yang aku pacari..Duh..selama ini aku ga merasa salah dalam langkahku apalagi dosa tapi ini??.

Dan di satu buku lagi..aku menemukan banyak pembahasan-pembahasan yang menarik “Indahnya mencintai Allah”. Ada bab yang sangat menarik dalam buku ini..yang mengingatkan ku akan kelebihan-kelebihan yg aku punya, kemewahan, kekayaan yang di berikan orang tuaku..aku sama sekali tak pernah berfikir dari mana aku bisa menikmati semua itu..yg terfikir hanyalah..orangtuaku yang berusaha membahagiakanku tapi di buku ini..aku di buat terperangah dengan semua pemaparan atas nikmat-nikmat Nya yang selama ini sama sekali tidak ku sadari..

Tak mudah tuk merubah paradigma cara berfikirku yang berlatar belakang keluarga modern dan jauh dari nuansa islami,.aku yang terlahir dari keluarga yang lumayan berkecukupan..dengan segala perhatian dan fasilitas yang di berikan oleh orang tuaku..apapun yang aku minta tak bisa tidak harus di kabulkan..dan ayah- bundaku sangat perhatian padaku, tapi keduanya tak pernah mengajarkan ku seperti ini..buku-buku ini..bahkan sholat?? Memang seh waktu masih remaja ayah sering menyuruhku sholat, tapi dasar aku bandel..semua hanya angin lalu saja..dan ayah ga pernah pusing dengan hal itu..asal aku kuliah dengan bener..itu dah beres…dan orang tuaku tak pernah mengusik ku ketika ku habiskan waktuku dengan pacaran, main band, nongkrong atau jalan-jalan kemanapun aku suka, sungguh kehidupanku jauh dari keteraturan, aku boleh melakukan apa saja yang aku inginkan, selama itu tidak merusak diriku, ayah dan bunda takkan banyak cingcong.

Tapi Ran..aku jadi tertarik sekali ingin mengetahui lebih lanjut tentang apa yang tertulis di buku itu, dan akhirnya aku beranikan diri untuk mendatangi masjid-masjid untuk mengikuti kajian, juga aku sering Tanya dengan ustadz-ustadz apapun tentang Islam yang banyak tidak aku ketahui selama ini, dan akupun mulai belajar memakai baju”aneh” yang selama ini belum pernah aku memakainya, baju khas seorang muslim…al hasil aku baru menyadari sedikit kebenaran dari buku itu..walau aku masih jauh tuk faham dan mengamalkan, tapi aku seperti menemukan dunia baru..dunia yang aneh tapi aku senang..aku merasa tenang..aku semakin giat mengikuti kajian-kajian di masjid, sebelum kuliah untuk program S2 ku di mulai aku fokuskan hari- hariku dengan kegiatan-kegiatan di masjid ataupun seminar-seminar keislaman.

Hingga suatu hari terlintas keinginan dalam hati untuk kembali datang pada Ran..melamarnya..namun kali ini tidak untuk menjadi pacarku tapi untuk menjadi pendamping hidupku….aku merasa Ran adalah wanita istimewa..dia membawaku kedalam dunia yang baru, membukakan mataku dari kesalahan selama ini..Ran..gadis yang sangat sederhana, cerdas, tegas, dan sangat teguh memegang prinsipnya..aku yakin dia akan menjadi pendamping yang baik untukku kelak, yang akan membantuku lebih memahami tentang islam, dan kerinduanku tuk bersamanya kian dalam, hingga timbul keinginan kuat untuk langsung melamarnya…

Tapi belum juga terlaksana apa yang aku rencanakan, belum juga usai ku membayangkan kebahagiaanku dengannya, aku mendengar kabar yang mengejutkan..sebuah undangan aku terima dari Ika teman dekat Ran..Yah..undangan pernikahan Ran…Ran akan menikah?? Oh siapakah lelaki beruntung itu, pasti dia lelaki yang sangat baik yang memang pantas mendampingi Ran..sedang aku??,

Dengan hati berdebar aku buka undangan itu dan ku temukan dua nama yang sangat indah terukir di sana “RAN YUME KHAILA dan M. FARIZ INDRA”. Nama yang indah, aku yakin orang nya pun pasti baik, sebaik Ran, setegar Ran, dan secerdas Ran.

Ada rasa nyeri di hati saat baca undangan itu, tapi bagaimanapun aku harus sangat berterima kasih pada Ran..yang telah membawaku mengenal dunia baru, dunia kebenaran, mengenal Tuhanku, mengenal ajaran agamaku..aku hanya bertekad untuk bisa menjalani duniaku saat ini, menjadi lebih baik, hingga suatu saat kelak aku berhak mendapatkan Ran yang lain..yang mampu menaklukkan hatiku, dengan ketegarannya, yang mampu memikat hatiku dengan kesederhanaannya, yang mampu menarik hatiku bukan dengan keindahan tubuhnya namun dengan ahlaknya.

Ran…kau inspirasiku..kini aku akan tetap melangkah di dunia yang tlah kau tunjukkan dan akan ku palingkan cintaku pada-Nya..ya..Ran aku sedang berusaha mengenal-Nya, dan mencintai-Nya..doakan aku Ran..seperti tulus doaku agar kau bahagia…

1 komentar:

ini karya ku mengatakan...

kaki sapa tu bang???